September 19, 2021

Cara Tepat Membersihkan Noda Pada Sofa

Bagi para ibu rumah tangga, sepercik noda kopi pada sofa bukan lagi hal asing. Namun bila dibiarkan, tentu akan membuat sofa favorit tak lagi nyaman dipandang. Bahkan terasa risih untuk menikmati waktu santai di sofa tersebut. Namun tidak perlu khawatir, pada artikel ini akan dibagikan cara yang tepat untuk membersihkan noda pada sofa.

Terkadang sofa tidak hanya kotor karena percikan minuman atau makanan yang tumpah di atasnya. Namun buku hewan peliharaan juga memiliki andil dalam membuat sofa kotor. Begitu pula dengan debu yang masuk dari luar rumah atau bisa juga berasal dari asap masakan di dapur.

Meski kotorannya tidak terlihat jelas, tapi hal tersebut jelas mengundang bakteri yang berbahaya. Sehingga ada baiknya jika sofa dibersihkan secara rutin agar semua kotoran maupun bakteri yang ada dapat dibersihkan hingga tuntas. Anda dapat menggunakan cara membersihkan sofa berikut ini.

Gunakan vacum cleaner untuk menghisap debu

Peralatan pertama yang bisa dipergunakan untuk membersihkan sofa adalah vacum cleaner. Sebagaimana fungsinya seperti biasa, Anda dapat menghisap debu yang mungkin ada dalam sofa. Tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk menggunakan alat ini. Sembari membersihkan ruangan lain, Anda dapat juga menghisap debu yang berada di permukaan sofa.

Dudukan sofa, bagian sela maupun bagian bawah sofa juga bisa dibersihkan dengan vacum cleaner. Dengan begini semua kotoran dapat dibersihkan secara menyeluruh. Pembersihan dapat dilakukan dengan lebih maksimal jika menggunakan vacum cleaner tipe handheld.

Manfaatkan selotip untuk membersihkan buku hewan peliharaan

Kucing atau anjing biasanya gemar tidur di sofa, kegemaran mereka ini bisa menimbulkan masalah tersendiri. Seringkali buku hewan peliharaan melekat di permukaan sofa. Meski bisa dibersihkan dengan vacum cleaner, terkadang masih ada bulu-bulu yang membandel dan tidak mau hilang.

Bila hal ini terjadi pada sofa kesayangan, Anda masih dapat menggunakan cara konvensional agar bulu-bulu tersebut hilang sepenuhnya. Cukup dengan memanfaatkan selotip lalu meletakkannya pada sofa yang ditempel oleh bulu. Lantas tarik dengan perlahan agar semua bulu dapat diangkat tanpa merusak bagian sofa.

Pelembab untuk sofa kulit

Ada beberapa jenis sofa yang biasa terdapat dalam rumah. Mulai dari soga dengan bahan kain hingga sofa bahan kulit. Sofa dari kulit bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang tidak ingin terlalu sering membersihkan furniture satu ini. Namun tidak berarti sofa dari kulit bebas dari perawatan.

Dibutuhkan pelembab untuk menjaga permukaan sofa agar tidak mengelupas atau bahkan sobek. Berikan pelembab setiap dua atau tiga bulan sekali untuk menjaga sofa tetap lentur. Bila ada noda yang mengotorinya, Anda tinggal menggunakan lap kain yang telah dibasahi dengan air untuk mengelap kotoran tersebut. 

Sebaiknya hindari bahan kimia untuk membersihkan noda pada sofa kulit, karena berisiko merusak bahan kulitnya. Kain lap basah sudah dapat menghilangkan kotoran asal nodanya langsung dibersihkan begitu mengenai kain atau kulit sofa. Lebih baik lagi furniture tersebut diletakkan dalam rumah, bukan pada luar rumah. Sehingga tidak terpapar cahaya matahari maupun debu dari udara terbuka.

Mencuci sofa

Mencuci sofa tidak semudah mencuci pakaian karena ukuran yang lebih besar serta bahan yang digunakan. Bila Anda ingin mencucinya sendiri, dibutuhkan air, alkohol, cuka serta detergen. Campurkan air dengan detergen, lalu bersihkan sofa dengan bantuan lap basah. Usap permukaan yang kotor dengan lembut tanpa digosok keras apalagi menggunakan sikat. 

Menggunakan sikat dapat merusak permukaan sofa menjadi tidak enak dipandang lagi. Jadi bersihkan secara perlahan dan lembut. Bila kotoran masih membandel, baru gunakan campuran cuka, cairan pembersih dan air. Campuran ini cukup ampuh untuk menghilangkan noda di sofa. Lalu keringkan dengan menggunakan hairdryer. 

Namun seringkali tumpahan makanan maupun minuman meninggalkan aroma amis yang masih tertinggal, meski sofa telah dibersihkan. Oleh sebab itu membersihkan noda pada sofa membutuhkan bantuan profesional agar semua kotoran dan aroma yang tertinggal dapat hilang seketika. Bagi Anda yang tinggal di Semarang, maka jasa cuci sofa Semarang menjadi pilihan yang tepat untuk membersihkan noda. Sehingga sofa kesayangan Anda dan keluarga dapat kembali bersih seperti baru. Jasa cuci profesional tersebut akan memastikan semua noda membandel yang ada pada sofa favorit Anda telah hilang semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram