Cuci springbed wajib dilakukan untuk menjaga kualitas tidur Anda, karena tidur di atas springbed yang kotor selain mengurangi kenyamanan dan kenyenyakan tidur juga berisiko terserang batuk, alergi dan gatal-gatal.

Ingat, setidaknya 7 – 8 jam sehari waktu yang Anda habiskan di tempat tidur. Selama itu pula berbagai kemungkinan bisa saja terjadi tanpa Anda sadari, seperti  butiran debu yang tanpa sengaja masuk ke saluran pernapasan, bekas noda pada springbed yang mengotori pakaian atau keberadaan jamur, kuman dan tungau yang dapat mendatangkan sumber penyakit.

Cara cuci springbed sebenarnya tidak sulit dan tidak butuh waktu lama. Hanya saja sebagian orang ada yang tidak mampu mengerjakannya sendiri disebabkan oleh berbagai hal, seperti tidak mempunyai waktu yang cukup, tidak memiliki perlengkapan serta yang lain.

Jika Anda kesulitan mencuci spring bed karena sibuk, percayakan pencucian springbed Anda kepada kami. Dengan peralatan lengkap dan tenaga terampil yang kami miliki, springbed Anda dijamin bersih dan bebas dari kuman serta noda yang membandel. Sebagai salah satu penyedia jasa cuci springbed Sidoarjo, Jawa Timur, kami selalu memperhatikan dan mengutamakan kepuasan pelanggan.

7 Cara Cuci Spring Bed dengan Tepat

Jika Anda bermaksud untuk mencuci sendiri, berikut 7 cara efektif cuci springbed yang bersih.

Siapkan Peralatan untuk Cuci Spring Bed

Sebelum memulai aktifitas cuci springbed, beberapa peralatan yang harus disediakan diantaranya adalah: penyedot debu yang dapat diganti dengan penebah/sapu lidi, sabun cair atau larutan air sabun, sikat, softener/pewangi pakaian, lap kering, spons atau kanebo serta kipas angin atau hairdryer.

Peralatan Khusus

Selain beberapa jenis peralatan sebagaimana tersebut di atas, dibutuhkan pula peralatan khusus untuk membersihkan noda yang menempel pada springbed. Peralatan khusus yang dimaksud adalah campuran bahan tertentu yang dilarutkan ke dalam air. Bahan tersebut tergantung dari jenis noda yang menempel.

Berikut bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan noda.

1.   Cuka

Campuran cuka dan air dengan komposisi 4:1 sangat efektif untuk menghilangkan noda protein karena memiliki sifat anti-bakteri.

2.  Baking Soda

Untuk menghilangkan noda dan bau bekas urine dapat menggunakan larutan bubuk baking soda dengan air, karena selain dapat menghilangkan bercak juga berfungsi menetralkan bau.

3.  Garam

Noda darah dapat dibersihkan dengan menggunakan larutan air garam. Caranya dengan mengoleskan larutan garam pada noda darah yang menempel, biarkan sekitar 5 – 10 menit lalu bilas dengan kain lap sampai bersih.

4.  Sabun Pencuci Piring

Untuk noda lemak yang menempel kuat pada springbed dapat diatasi dengan larutan sabun pencuci piring dan air.

5. Pembersih Siap Pakai

Pembersih springbed siap pakai juga banyak dijual di toko-toko. Dalam menggunakan pembersih siap pakai ini jangan lupa untuk mengikuti instruksi yang terdapat pada kemasannya dan harus berhati-hati saat menggunakan mengingat pembersih ini mengandung zat kimia kuat yang dapat merusak serat springbed jika keliru dalam menggunakan.

 Bersihkan Debu

Langkah pertama dalam mengawali proses cuci springbed adalah dengan membuka sprei lalu mengaktifkan vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran termasuk serangga yang menempel pada permukaan kasur.

Jika tidak memiliki vacuum cleaner, Anda bisa menggantikannya dengan penebah dari sapu lidi. Caranya dengan memukul-mukulkan penebah pada permukaan kasur agar kotoran yang tersembunyi di bawah permukaan kain penutup springbed bisa keluar untuk selanjutnya dibersihkan.

Pada saat membersihkan debu ini usahakan untuk memperhatikan bagian-bagian jahitan atau lipatan-lipatan agar dapat membersihkan debu yang tersembunyi.

 Hilangkan Noda

Setelah debu benar-benar bersih, bawa springbed keluar dari kamar menuju ke tempat terbuka, bila perlu tempat yang cukup lapang agar proses pencucian dan pengeringannya lebih mudah. Letakkan pada tempat yang beralas kokoh dan lakukan proses pencucian.

Pertama kali yang dicuci adalah bekas noda yang menempel pada springbed. Cara menghilangkan gunakan peralatan khusus sebagaimana yang tertulis sebelumnya dan sesuaikan dengan jenis noda yang menempel. 

 Cuci Secara Menyeluruh

Selesai membersihkan bagian-bagian springbed yang terkena noda, lanjutkan dengan membersihkan secara keseluruhan. Caranya dengan menggunakan sabun cair/larutan air sabun atau melarutkan deterjen ke dalam air.

Masukkan sikat ke dalam sabun cair dan ketuk-ketukkan terlebih dahulu agar sikat tidak terlalu basah saat disapukan ke seluruh permukaan springbed. Sebab sikat yang terlalu basah menyebabkan springbed lembab karena menyimpan terlalu banyak air, sehingga sulit untuk dikeringkan.

Saat membersihkan permukaan springbed ini, jangan lupa untuk menyikat seluruh bagiannya, yaitu bagian samping kanan, kiri, atas dan bawah. Sehingga seluruh bagian springbed tidak ada yang terlewat.

Bilas Hingga Bersih

Cara membilas springbed tidak seperti mencuci pakaian yang diguyur dengan air. Melainkan dengan memasukkan spons atau kanebo ke dalam wadah berisi larutan softener/pengharum pakaian dengan air.

Peras spons atau kanebo tersebut namun jangan terlalu kuat agar masih tersisa larutan softener di dalam pori-pori spons/kanebo. Usap seluruh permukaan springbed sambil sedikit ditekan agar sisa air yang menempel pada springbed dapat terserap. Lanjutkan dengan mengelap seluruh permukaan menggunakan kain kering.

Satu catatan yang perlu diperhatikan: untuk proses penyikatan dan pembilasan harus dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Jadi, jangan menyikat springbed secara keseluruhan baru dibilas, melainkan sikat satu bagian tertentu lalu dibilas dan lanjutkan dengan menyikat dan membilas bagian yang lain.

Pengeringan

Cara mencuci springbed yang terakhir adalah proses pengeringan. Menjemur di bawah terik matahari adalah cara terbaik untuk mengeringkan spring bed sehabis dicuci. Itu sebabnya pada awal tulisan dijelaskan agar springbed ditempatkan di lokasi yang lapang dan terbuka.

Selain sinar matahari, pengeringan juga bisa dilakukan dengan menggunakan kipas angin dan hair dryer. Hanya saja cara yang terakhir ini butuh waktu yang cukup lama dan hasilnya tidak bisa maksimal sebagaimana pengeringan dengan menggunakan sinar matahari.

Itulah 7 cara efektif cuci springbed yang bersih. Jika Anda merasa kesulitan untuk mengerjakannya, percayakan kebersihan springbed Anda kepada kami. Anda bisa menggunakan jasa kami yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur.